Allo, Layanan Pesan Instan Baru dari Google Yang Mempunyai Fasilitas Ekslusif

Layanan messenger merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak peminatnya, saat ini layanan messenger yang paling banyak diminati adalah Whatsapp dan Blackberry Messenger. Developer besar Google pun mempunyai layanan tersebut yang bernama Hangouts namun sepertinya kurang sukses di pasaran maka dari itu Google berencana mengeluarkan layanan sejenis yang bernama Allo untuk menggantikan Hangouts.

Layanan ini pada dasarnya sama saja dengan pesan instan yang sudah banyak beredar saat ini. Namun yang diharapkan pasar pada umumnya adalah inovasi baru yang membedakan dari layanan sejenis yang sudah beredar sehingga membuat penasaran calon pengguna untuk mengunduhnya.

Sama seperti standart layanan messenger yang lain, Allo dibekali berbagai fitur standar layanan pesan instan, seperti emoji, stiker, atau mengirim photo. Tapi ada satu fitur yang baru ada di segelintir layanan pesan instan, yakni asisten digital. Ya, Google Assistant disebut dibenamkan sebagai bagian dari Allo.
Jadi dengan Google Assistant di Allo, pengguna bisa tak repot-repot harus mengetik ketika ingin menjawab pesan yang masuk. Cukup ucapkan saja, maka Google Assistant akan menerjemahkannya ke dalam bentuk teks untuk kemudian dikirim. Fungsi ini mengingatkan kita akan fitur speech to text yang diharapkan memudahkan kita dalam membuat pesan tanpa harus mengetikkan pesan.

Namun biasanya yang jadi kendala adalah pengenalan kata-kata yang dibacakan harus akurat pelafalannya dan Google mengklaim bahwa kendala tersebut tidak ditemui dalam layanan Allo.
Selain itu dibenamkannya Google Assistant di Allo juga memungkinkan pengguna mencari informasi langsung dari tampilan Allo. Tinggal sebutkan kata kuncinya, lalu kalimat yang ingin diketahui informasinya. Konsepnya seperti ketika menggunakan Google Now, hanya saja dilakukan melalui Allo.

Selain fasilitas asisten digital di Allo, fitur enkripsi pesan juga merupakan fasilitas andalan di Allo.
Ditambah lagi Allo juga punya fitur incognito mode alias menyembunyikan pesan, termasuk juga notifikasi pribadi dan expiring message ala BlackBerry Messenger (BBM). Namun BlackBerry menamainya sebagai Timed Message kalau di BBM.

Kita tunggu saja kehadiran layanan ini apakah mampu menyaingi layanan pesan instan yang sudah ada sekarang ini.


Share on Google Plus

About harringbone

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar