Cara Mengatasi Error Layar Yang Berwarna Putih Pada Aplikasi Pesan Instan WhatsApp

Beberapa hari yang lalu, aplikasi pesan instan WhatsApp sempat mengalami bugs error berupa layar putih yang muncul pada smartphone atau tablet sehingga pengguna tidak bisa melakukan akses kedalam aplikasi tersebut. Belum ada penjelasan resmi dari pihak WhatsApp mengenai bugs tersebut.


Namun rupanya tidak semua pengguna WhatsApp yang mengalami hal tersebut, error ini hanya terjadi pada sebagian besar pengguna Iphone yang melakukan pembaruan atau update iOS versi 9.3.2 dengan versi WhatsApp terbaru (2.16.4).  Namun ada juga beberapa pengguna iOS 9.3.1 yang menggunakan WhatsApp terbaru dan mengalami masalah serupa.
Menanggapi hal ini dari pihak WhatsApp dan Apple belum memberikan penjelasan secara resmi terkait error aplikasi itu, namun menurut situs MakeMac yang menemukan solusi sementara untuk mengatasi error WhatsApp di iOS ada dua cara sederhana untuk membereskan masalah akses WhatsApp versi terbaru di iOS ini.

1. Matikan semua knob (geser ke kiri) pengaturan Permission yang bisa diakses melalui menu Settings – WhatsApp. Matikan semua pilihan yang mengizinkan WhatsApp mengakses beberapa fitur di ponsel, seperti Locations, Contacts, Photos, Camera, dan sebagainya.
2. Hapus aplikasi WhatsApp dari perangkat iOS kemudian melakukan proses instalasi lagi dari toko aplikasi App Store.

Cara ini sebelumnya dibagikan oleh sejumlah pengguna iPhone di Twitter dan banyak yang menyatakan berhasil dengan menggunakan cara ini. Tetapi sebelum menggunakan cara no 2 di atas anda harus melakukan backup ke iCloud atau ke komputer, karena dengan menghapus aplikasi maka akan membuat history pesan WhatsApp pengguna terhapus

Demikian trik untuk mengatasi error yang terjadi pada WhatsApp anda apabila anda tidak bisa mengakses aplikasi tersebut karena layar anda dipenuhi dengan warna putih














Share on Google Plus

About harringbone

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

8 komentar:

  1. Balasan
    1. Maaf kalau saya ikutan, caranya kalau layar putih, buka di task manager, nanti disitu ada beberapa whatsapp.exe, nah kill tasknya satu persatu dari yang penggunaan memory yang paling sedikit, cek aplikasinya di tiap kali kill task, nanti layar putihnya bakalan hilang, trus kalau sudah masuk, pergi ke settings -> desktop settings centang start Whatsapp at Login, biar nanti berikut dia gak layar putih lagi. Semoga membantu.

      Hapus
  2. cukup uninstall aja aplikasi whatsapp nya gan, trus install lagi.

    Ane baru coba berhasil kok.

    BalasHapus
  3. tetapi selalu berulang gan, setelah saya close whatsapp webnya dan dibuka kembali, apakaha saya harus selalu instal ulang gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. saya juga sama kak, tiap kali di uninstall trus diinstall lagi aplikasi whatsapp nya, setelah kita restart komputer, kembali ke layar putih lagi. saya pakai windows 7. Apakah ada yang tau solusinya kak? mohon bantuannya..

      Hapus
    3. Maaf, kalau saya ikut nimbrung.
      Masalah white screen pada aplikasi WA untuk PC dialami oleh saya juga.
      Setelah saya cari-cari solusinya ga ketemu juga kalau tetep maksain pakai aplikasi untuk PC.

      Solusi alternatif agar saya bisa tetep gunakan WA di PC adalah dengan menggunakan WA untuk web (https://web.whatsapp.com/).
      Sama halnya dengan WA untuk PC (aplikasi), prosesnya tinggal scan barcode yang muncul di alamat tadi pada browser yang digunakan.

      Hapus
    4. Maaf kalau saya ikutan, caranya kalau layar putih, buka di task manager, nanti disitu ada beberapa whatsapp.exe, nah kill tasknya satu persatu dari yang penggunaan memory yang paling sedikit, cek aplikasinya di tiap kali kill task, nanti layar putihnya bakalan hilang, trus kalau sudah masuk, pergi ke settings -> desktop settings centang start Whatsapp at Login, biar nanti berikut dia gak layar putih lagi. Semoga membantu.

      Hapus