Kupas Tuntas Fitur Mewah Samsung Galaxy S7 (part 2)

Melanjutkan dari artikel sebelumnya, di sini akan dibahas mengenai fitur mewah Samsung Galaxy S7 bagian kedua.

Memory Card



Salah satu perbedaan antara smartphone Android dengan Iphone adalah tersedianya slot memory card sehingga kita bisa melakukan penambahan kapasitas penyimpanan pada smartphone Android kita. Pada serinya Galaxy S6, Samsung membuat gebrakan dengan menghilangkan slot memory card namun kemudian timbul banyak komentar dari para penggemarnya.

Dan di seri galaxy S7 ini slot memory card kembali dihadirkan dengan jumlah dua slot, namun slot ini sudah dilengkapi dengan slot hybrid. Yang artinya slot ini bisa dipakai bisa dipakai untuk SIM card ataupun memory card. Artinya apabila kita tidak ingin menggunakan memory card maka kedua slot tersebut bisa digunakan untuk SIM card dan apabila kita ingin menggunakan memory card maka salah satu dari slot itu kita isi dengan memory card dan konsekuensinya kita hanya bisa menggunakan satu SIM card.



Permasalahan yang terjadi pada seri Galaxy S6 adalah seringnya terjadi crash pada memory card yang diakibatkan karena tidak seimbangnya kecepatan dari memory internal yang ada yaitu teknologi UFS 2.0 dengan kecepatan memory card yang lebih rendah dari pada memory internalnya. Kecepatan dari internal memory UFS 2.0, kecepatan random write-nya bisa 28 kali lebih cepat dari memory card eksternal
Namun jangan khawatir karena permasalahan tersebut sudah dipecahkan pada galaxy S7 dimana pada smartphone ini sudah bisa menggunakan OS android Marshmallow 6.0, dimana pada OS tersebut mempunyai membuat fitur adoptable storage. Fitur ini memungkinkan memory card eksternal bisa digabungkan menjadi bagian dari internal storage. Fitur ini bukan merupakan fitur default, pengguna bebas bisa memilih akan menggunakan fitur ini atau tidak. Karena konsekuensi dari penggunaan fitur ini adalah memory card tidak akan bisa dibaca lagi seperti memory card biasa, yang bisa dipindahkan ke smartphone lain atau dibaca via card reader, hal ini dikarenakan memory card akan menjadi bagian dari internal storage dari smartphone. Konsekuensi lainnya adalah kecepatan baca tulis memory card juga menurun, karena harus dienkripsi untuk keamanan data dengan enkripsi berstandar 128-bit AES EXT4.

Apabila pengguna ingin terhindar dari konsekuensi di atas maka pengguna bisa menggunakan memory card dengan kecepatan tinggi, dengan class 10 ke atas atau UHS. Karena dengan cara tersebut memory card bisa dibagi dua, sebagian untuk adoptable storage, dan sebagian tetap menjadi memory card biasa.
selain itu jika pengguna tidak menggunakan adoptable storage, banyak aplikasi dari internal storage bisa tetap dipindahkan ke memory card melalui application manager meskipun ada beberapa aplikasi yang tetap tidak bisa dipindahkan.
Keunggulan lain dari slot memory card yang baru ini adalah menggunakan sistem hot swap, yaitu sistem yang memungkinkan pengguna untuk tidak mematikan atau mereset smartphone ketika ingin mengganti SIM card, cukup keluarkan tray dan ganti kartu SIM card.


Heat Pipe, Sang Pencegah Panas 

sekarang ini para developer berlomba-lomba untuk membuat aplikasi game dengan grafis yang semakin bagus, grafis tersebut membuat smartphone harus bekerja keras dan sering kali membuat panas yang tinggi. Dengan bodi smartphone yang terbatas maka tidak dimungkinkan untuk memasang kipas yang berlebihan seperti halnya pada PC terutama PC gamer. Namun apabila hal ini tidak disiasati dengan baik maka smartphone akan mengalami overheat dan menyebabkan kinerja smartphone menjadi terganggu.
Prosesor yang panas tidak akan bisa bekerja pada kinerja maksimalnya, sehingga kecepatan komputasi akan terganggu karena prosesor terpaksa menurunkan kecepatannya untuk menurunkan panas. Hasilnya aplikasi sering tidak berjalan lancar, atau misalnya pada game akan terasa tersendat atau frame rate yang turun. Suhu yang panas juga akan berpengaruh terhadap konsumsi baterai, yang menjadi lebih boros.



Untuk mengatasi hal ini, pada galaxy S7 dan S7 Edge, samsung menambahkan menambahkan pipa pendingin untuk menyalurkan panas dari prosesor secara cepat.  Pipa ini berbentuk pipih dan terbuat dari tembaga, diletakkan memanjang di atas prosesor. Di dalam pipa ini terdapat banyak serabut kecil kapiler yang bisa mengalirkan cairan pendingin dengan cepat. Saat melewati prosesor yang panas, cairan di dalamnya mendinginkan prosesor yang panas, kemudian menguap ketika menyerap panas dari prosesor. Setelah terjadi penguapan, pada bagian ujung pipa satunya akan mengalami kondensasi yang kemudian menghasilkan cairan yang kemudian mengalir ke bagian yang panas untuk didinginkan. Dengan begitu panas dari smarthpone akan jauh berkurang.











Share on Google Plus

About harringbone

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar