Kupas Tuntas Fitur Mewah Samsung Galaxy S7 (Part 3)

Fitur Always On Display


Part 3 ini adalah bagian terakhir dari artikel “Kupas Tuntas Fitur Mewah Samsung Galaxy S7”. Fitur berikutnya yang terdapat pada Samsung Galaxy S7 ini adalah “Always on Display” yaitu fitur yang membuat informasi dari smartphone selalu ditampilkan pada layar. Sebelumnya Samsung pernah menyematkan fitur ini pada smartphone lengkung pertamanya, Galaxy Round. Dimana informasi berupa jam dan notifikasi tampil ketika salah satu sisinya  ditekan. Selain Samsung, sebenarnya beberapa vendor lain seperti Motorola sudah pernah memperkenalkan fitur ini namun versi Samsung sudah disempurnakan.

zopini.com
Tujuan dari dimunculkannya fitur ini adalah karena menurut data banyak orang yang menyalakan smartphonenya hanya untuk melihat jam atau notifikasi. Namun kadang apabila dalam kondisi sedang rapat, ataupun berbicara dengan orang lain, tindakan untuk melihat notifikasi ini bisa membuat orang mengira kita sedang tidak berkonsentrasi. Menyikapi hal tersebut Samsung membuat fitur ini agar pengguna tidak perlu lagi menyalakan smartphone untuk melihat notifikasi yang masuk.
Perbedaan fitur yang ada di Samsung sekarang ini dengan milik vendor yang lain adalah pengguna tidak perlu ada gerakan pemicu seperti mengangkat smartphone, mengeluarkan dari kantung, atau ketika ada notifikasi masuk untuk melihatnya. Setelah itu informasi always on yang dinamai active display ditampilkan beberapa detik dan kemudian hilang lagi kembali ke layar mati yang blank.

Samsung Galaxy S7 yang sudah menggunakan layar Super AMOLED yang bisa berpendar sendiri di setiap pixelnya memiliki keuntungan tersendiri dibandingkan dengan layar IPS LCD yang membutuhkan backlight sebagai penerangan always on sehingga memakan daya pada baterai. Selain itu layar Super Amoled juga bisa diberi background, misal pola dedaunan atau jaringan kawat. Dan kalau diperhatikan bagian always on ini akan bergerak berpindah-pindah pada layar. Ini untuk menghindari efek ghosting, dimana mungkin pada layar akan terdapat bekas bayangan huruf atau gambar yang selalu tampak, walaupun gambar sudah berganti, karena terlalu lamanya huruf atau gambar yang sama tampil ditempat yang tetap.

VULKAN, Sang Kartu Grafis yang Sakti

Teknologi grafis yang berkembang seiring dengan perkembangan game digital membuat para developer berusaha membuat tampilan grafis untuk game serealistis mungkin. Selain itu dengan banyaknya gadget yang ada seperti tablet, smartphone, laptop, PC, membuat developer ingin membuat satu jenis platform game untuk semua gadget tersebut, karena akan sangat merepotkan apabila harus membuat masing-masing plafon untuk masing-masing gadget. Untuk itu developer memerlukan 'middleware' atau penghubung, seperti games engine dan graphic library. Dengan adanya penghubung ini maka dimungkinkan untuk satu game yang jenisnya sama bisa dimunculkan di beberapa gadget.


Namun dengan keberadaan penghubung ini, developer jadi tidak bisa mengakses dan mengontrol hardware yang tersedia secara langsung. Jika mereka ingin melakukan akses atau perubahan maka lewat perantara dari middleware ini. Selain itu kartu grafis Vulkan memungkinkan developer bisa merancang aplikasinya bekerja dengan memanfaatkan sumber hardware yang optimal. Hasilnya sangat berguna untuk prosesor yang terdiri dari multicores (banyak inti) seperti sekarang, beban kerja bisa dibagi ke banyak prosesor, sehingga dengan dikerjakan bersama selain lebih cepat selesai, tidak ada beban prosesor yang berlebihan sehingga menghasilkan panas atau penurunan kinerja.
Keunggulan yang lain dari kartu grafis Vulkan yaitu distribusi kinerja yang lebih merata kepada multi cores CPU dan GPU akan memungkinkan games ditampilkan lebih realistis dengan rendering yang sangat baik dan detail yang kaya, bahkan lebih hemat baterai dan tidak menghasilkan panas yang berlebihan.
Selain kartu grafis Vulkan, Galaxy S7 dan S7 Edge juga dilengkapi dengan Game Launcher, dimana fitur ini berfungsi untuk mengumpulkan semua game yang ada di smartphone dan  game tools yang memungkinkan ketika bermain game, untuk tidak diganggu dengan notifikasi, mengunci tombol back dan recent menu supaya tidak tertekan dengan sengaja saat bermain game, merekam permainan untuk dibagikan atau sekadar mengambil screenshot. Dengan fitur game tools ini , pengguna juga dimungkinkan untuk melakukan pause dan game di minimize untuk melakukan aktivitas lain di smartphone, kemudian kembali diteruskan di state yang sama.


Vulkan yang memiliki performa yang tinggi membuat gambar terlihat nyata dan memiliki pergerakan yang halus ketika melakukan perpindahan antar frame nya. 















Share on Google Plus

About harringbone

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar